RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah Dasar : Inpres Mangasa I
Kelas/Semester : I/II
Tema : Transformasi
Alokasi Waktu : 5 x 30 menit
Hari/Tanggal : Selasa, 24 Maret 2009
STANDAR KOMPETENSI : 7. Membaca teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak (BI)
6. Mengenal bangunan datar sederhana (Matematik)
8. Mengekspresikan dirt melalui karya seni rupa (SBK)
KOMPETENSI DASAR : 7.2 Membaca puisi anak terdiri dari 2-4 bans dengan lafal dan intonasi yang baik (BI)
6.2 Mengelompokkan bangun datar menurut bentuk atau ciri.
8.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif
INDIKATOR : - Mengelompokkan beberapa bangun datar menurut bentuk atau cirinya
- membacakan puisi anak sebaris demi sebaris dengan bimbingan guru
- membuat gambar ekspresif berbagai objek imajinatif melalui unsur-unsur rupa dan alam sekitar
I. Tujuan pembelajaran:
· Siswa dapat mengelompokkan benda menurut bentuk, permukaan atau ciri
· Membaca puisi sederhana dengan memperhatikan dapat intonasi dan ekspresi yang baik
· Menggambar ekspresif diri melalui karya seni rupa
II. Materi ajar:
· Gambar
· Bangun datar
· Puisi
III. Metode pembelajaran:
· Ceramah
· Tanya jawab
· Penugasan
IV. Langkah-langkah pembelajaran:
No | Kegiatan Pembelajaran | Pengorganisasian | |
Waktu | Siswa | ||
| A. Kegiatan Awal - Berdoa, mengekspresikan mated ajar - Absensi - Menyanyikan lagu yang sesuai dengan tema - Apresiasi, tanya jawab pelajaran yang lalu dan - Ada hubungannya dengan pelajaran yang - Akan diajarkan B. Kegiatan Inti - Siswa dibagi beberapa kelompok - Setiap kelompok mengamati alat peraga yang dipajang oleh guru - Tanya jawab tentang bangun datar segitiga, segi empat, lingkaran - Setiap kelompok mengelompokkan benda menurut bentuk permukaan atau ciri lainnya - Setiap kelompok mendapat tugas sesuai perintah guru - Siswa dapat membacakan puisi sederhana dengan memperhatikan lafal dan intonasi - Setiap kelompok mencatat dan melaporkan hasil diskusinya - Menyimpulkan mated pelajaran - Evaluasi secara lisan | 15 5 10 10 20 10 15 15 15 20 | Klasikal kelompok kelompok kelompok kelompok kelompok klasikal kelompok klasikal |
| C. Kegiatan Akhir - Tindak lanjut - PR - Pesan-pesan moral agar siswa senantiasa mengulangi pelajarannya di rumah | 15 | |
| | 150 menit |
V. Alat dan bahan:
· Alat peraga, segi tiga, segi empat, lingkaran, Buku Tematik Kelas I
VI. Penilaian:
a. Jenis Tes : (proses pcmbuatan)
b. Tulisan : (hasil)
c. Bentuk tes : - isian
- uraian
Mengetahui: Kepala Sekolah Drs. Abdullah Busrah Nip. 130625306 | Makassar, 16 Maret 2009 Guru Kelas I, Hj. Kamsinah, S.Pd Nip. 130979716 |
LEMBAR KERJA
- Amatilah benda-benda yang ada di lingkungan sekitar / gambar
- Tuliskanlah nama benda-benda tersebut!
- Tuliskanlah ciri-cirinya!
Seperti contoh gambar di bawah ini
A. Kendaraan beroda dua berjalan di darat dengan cara di gayuh, benda apakah itu…?
B. Evaluasi
- Tulislah nama alat angkutan yang bergerak di darat!
Jawab:
- Mobil mempunyai roda berapa?
Jawab:
- Berbentuk apakah roda atau band sepeda motor?
Jawab:
- Tempat barang, mobil angkutan (truk) berbentuk apa?
Jawab:
- Urutkan bangun datar di bawah ini dari yang terkecil ke yang terbesar!
| |||
Jawab:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar